Sabtu, 18 Juli 2009

Galaksi


Apakah kalian tahu obat nyamuk bakar? Jika ya, coba lihat bentuknya! Seperti galaksi bukan? Pada artikel kali ini, aku akan membahas tentang "galaksi" Pasang dua telinga baik-baik dan dengarkan!!!

Galaksi adalah sekumpulan bintang-bintang yang membentuk suatu "kelompok bintang" yang sangaaaattttt beasar di angkasa yang luas.

Galaksi sebenarnya ada 3 macam yang pertama adalah :

a. Galaksi kita, yang bernama"bima sakti" atau yang biasa disebut dengan "milky way." galaksi ini mempunyai bentuk, seperti obat nyamuk atau "spiral" lohhhh! Lebarnya adalah 100.000 tahun cahaya. Dan jumlah bintangnya mencapai 200-400 milyar. bintang-bintang tersebut terbentuk dari  awan "globulen" dan letak "awan globulen berada di "sekeliling" galaksi, semakin mendekati galaksi, maka jarak antar bintang-bintangnya semakin merapat.

Selain awan globulen, dipinggir galaksi bima sakti juga ada debu bintang yang berpendar disebut "halo"

Kedudukan matahri kita brada pada salah satu lngan galaksi.

Jarak matahri ke pusat galaksi diperkirakan mencapai hingga 27.200 tahun cahaya........

b. Yang ke-dua ini aku ngak tahu namaya galaksi apa? Yang jelas galaksi yang satu ini berbentuk "elips."                                                                                                                                                     Yang memiliki ciri-ciri seperti ini : 1. Kumpulan bintangnya lebih rapat                                                                                                            2. Debu antar bintangnya lebih sedikit

c. Yang satu ini bentuknya agak ngak beraturan. Mau tahu apa namanya? Coba......tebak dulu dong! Pokonya ada kata "awan"nya gitu deh.......

NYERAH................dengan ikhalas nih aku kasih tahu, namanya adalah "awan magelang" Galaksi ini bisa juga terbentuk dari dua galaksi yang bertabrakkan maka dari itu, bentuknya agak ngak beraturan?!

Oh ya, aku lupa menjelaskan tentang pusat galaksi "bima sakti"..................... kembali lagi yuck, ke atas!!!

Galaksi Bima Sakti.........                                                                                                                                

Apakah kalian pernah mendengar istilah tentang "lubang hitam?" yup! Lubang yang sangat mengerikan di ruang angkasa. bayangkan sebuah benda yang memiliki kecepatan 100.000 km/jam dapat dimasukkan kedalamnya. hi.........ngeri bangeeeetttt kan? 

Nah, masalahnya sekarang adalah pusat galaksi kita, ditempati oleh lubang hitam.........

Lantas, apa yang harus kita lakukan? .........Tak perlu khawatir, sebuah lubang hitam memiliki batas yang disebut "event horizon" Jadi, tidak semua benda bisa ditarik didalamnya?!

Nah, apakah kalian sudah mengerti tentang "galaksi"dan "lubang hitam"? 

Jika, sudah.........berterima kasihlah kepada Tuhan Yang Maha Esa

Tidak ada komentar: